Kamis, 28 Mei 2009

Alih Profesi, Kenapa Tidak?


Anda berminat pada sebuah pekerjaan yang menarik? Tapi untuk mencobanya, rasanya koq deg-degan, berani atau tidak ya? Kalau niat kuat dan Anda sangat memerlukannya saat ini, coba saja. Siapa tahu malah dapat membuat Anda bahagia?

Berkarir adalah kesempatan yang datang tanpa diduga, begitu banyak orang mengatakannya. Apakah Anda juga mempercayainya? Haruskah Anda bertahan seumur hidup hanya karena itulah satu-satunya pekerjaan yang Anda miliki? Banyak orang yang menghabiskan masa hidupnya dengan menggeluti pekerjaan yang sama di sebuah perusahaan. Tapi, sebaiknya Anda jangan!

Sebenarnya, banyak alasan untuk mengambil langkah besar dalam kehidupan berkarir Anda. Bila Anda merasa terperangkap dalam sebuah pekerjaan yang tidak maksimal dalam penggunaan kemampuan dan bakat Anda, atau jika Anda mengalami jalan buntu serta tak dapat lagi menimba pelajaran, apalagi kalau Anda memiliki ketertarikan pada industri tertentu dan merasa dapat membuat kontribusi berarti di sana, coba deh untuk pindah jalur. Tapi ingat lho, pikirkan segalanya matang-matang dan waktunya harus tepat.

Mengalami jalan buntu memang bukan hal yang menyenangkan. Kalau sepanjang sore (masih jam kerja) Anda lewatkan dengan menguap berkali-kali, atau memperhatikan jam terus-menerus, berarti pekerjaan yang Anda lakukan amat membosankan. Seharusnya pekerjaan dapat memacu semangat Anda. Tidak mudah memang, tapi Anda seharusnya merasa lebih hidup karena otak bekerja keras.

Nah, sebelum Anda 'nekat' untuk alih profesi sebaikanya Anda simak hal-hal berikut:

Pikirkan baik-baik tipe pekerjaan yang dapat membuat Anda bahagia
Banyak orang yang memilih pekerjaan tanpa pemikiran serius. Tak heran bila akhirnya mereka tidak puas dengan pekerjaannya. Menurut Bolles, minat dan rasa cinta pada bidang tertentu lebih berarti dibanding tingkat kecerdasan dan bakat yang Anda miliki. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang Anda lakukan bila bekerja tanpa gaji? Seharusnya, Anda sangat tertarik pada sebuah bidang khusus sebelum nekat terjun ke dalamnya, tapi……

Selesaikan dulu pekerjaan rumah Anda
Jika Anda sudah memiliki visi mengenai karir baru, coba selidiki bidang tersebut dengan teliti. Temukan kualifikasi yang dibutuhkan. Carilah sumber yang tepat. Ngobrol deh dengan mereka yang berkecimpung di bidang itu dan korek informasi dari mereka. Hujani mereka dengan pertanyaan, mintalah nasihat mereka. Intinya laksanakan penelitian. Ini akan sangat membantu Anda untuk melihat secara jelas ke dalam bidang tersebut dan menolong Anda untuk…..

Merevisi resume Anda
Rancanglah daftar riwayat hidup yang menunjukkan berbagai kemampuan Anda. Pendek kata, resume Anda harus memperlihatkan kemampuan Anda peroleh dari pekerjaan sekarang mulai dari mengorganisir konferensi atau mempresentasikan konsep baru. Lalu, sertakan juga latar belakang pendidikan Anda. Semua ini harus didahulukan, diikuti dengan daftar posisi yang pernah Anda jabati. Sertakan segala jenis training yang pernah Anda jalani, dan….

Tetap belajar
Menurut Jim Damaso, usahakan untuk terus mendapatkan latihan sebanyak mungkin. Dengan mengerjakan pekerjaan rumah, seharusnya Anda dapat menemukan kemampuan spesifik yang Anda butuhkan dan lihatlah kesempatan untuk mendapatkannya. Entah itu kursus komputer atau bahasa kedua, desain atau seminar penanaman saham, segala jenis training akan menambah pengetahuan Anda, walaupun mungkin Anda tidak memiliki pengalam kerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda…..

Mundur selangkah, maju dua langkah
Ini yang paling penting. Buktikan pada diri sendiri bahwa Anda mampu dan raihlah impian Anda.
Nah, kalau memang Anda berniat alih profesi tak ada salahnya Anda mencobanya. Artikel di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar